Daur Al-Tiknolojia Wa Atsaruha Fi Al-Tarbiyyah Wa Al-Hadharah Al-Haditsah

Authors

  • Ali Abd Rabhi Universitas Al-Azhar, Mesir
  • Eka Rizal Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukttinggi

Keywords:

Technology, education, modern civilization

Abstract

Studi ini berfokus pada eksplorasi dan analisis peran teknologi dan dampaknya dalam bidang pendidikan dan peradaban modern. Teknologi muncul sebagai elemen kunci dalam membentuk kehidupan manusia di era modern, dan telah berkembang menjadi faktor krusial dalam pengembangan proses pendidikan dan pengaruh peradaban. Dalam upaya mencapai tujuannya, penelitian ini didasarkan pada analisis menyeluruh dari literatur yang tersedia dan menggunakan berbagai alat penelitian. Studi ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana teknologi dapat meningkatkan kualitas pendidikan, memberikan akses yang lebih luas ke pengetahuan, dan mengembangkan keterampilan siswa. Selain itu, dampak teknologi pada masyarakat dan pembangunan peradaban yang berbasis pada pengetahuan dan inovasi juga dieksplorasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi memainkan peran utama dalam meningkatkan proses pendidikan, menyediakan peluang belajar yang beragam, dan meningkatkan interaksi budaya. Pentingnya teknologi dalam meningkatkan berpikir kritis dan mengembangkan keterampilan siswa untuk masa depan juga terlihat. Hasil-hasil ini diintegrasikan untuk memberikan pandangan menyeluruh tentang bagaimana teknologi dapat menjadi pendorong perkembangan pendidikan dan peradaban dalam masyarakat modern.

References

A-Dzahabi, S. (1997). Ma’rifah al-Qurra’ al-Kibar ’Ala al-Thabaqat wa al-A’shar. Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Abu Bakar, A.-B. (n.d.). Manaqib al-Syafi’i. Maktabah Dar al-Turats.

Al-Kissi, A. M. (2002). Al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid J-2. Dar al-Balansia li al-Nasyr wa al-Tauzi’.

Darimi, I. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111–121.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Muhammad, R. R. (2005). Al-Wahyu al-Muhammadi. Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Nuruddin, Z. (n.d.). Tathwir Mafhum al-Tiknolojia wa istikhdamatuh fi al-’Amaliyah al-Ta’limiyyah.

Prihatmoko, D. (2016). Penerapan internet of things (IoT) dalam pembelajaran di UNISNU Jepara. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 567–574.

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Abd Rabhi, A., & Rizal, E. (2023). Daur Al-Tiknolojia Wa Atsaruha Fi Al-Tarbiyyah Wa Al-Hadharah Al-Haditsah. BiCED Proceeding, 1, 119–124. Retrieved from https://proceedings.uinbukittinggi.ac.id/biced/article/view/393